Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat untuk Bisa "KIAT" Saat Sedang Kacau

 

Sumber gambar: https://www.gramedia.com/products/mindful-is-mind-less-seni-beristirahat-dalam-badai?gclid=CjwKCAjwtIaVBhBkEiwAsr7-c3Sa7eRUgI3qBQ8P2gViNVAC0F_vkrOPDDwHggA2TI5_imV4vMhfchoCY1wQAvD_BwE

Saat sedang kacau, pasti akan muncul perasaan dan pikiran negatif. Itu hal wajar. Yang tidak wajar adalah ketika kita bersikeras menghilangkan semua itu atau ingin semuanya cepat pergi dari diri kita. Semakin kita ingin menghilangkan perasaan dan pikiran buruk tersebut, kita malah semakin sulit menghapusnya. Semakin kita menolak dan menyangkal bahkan tidak bisa menerima kehadiran perasaan dan pikiran negatif itu, semakin kita sulit lepas darinya. Semakin berusaha untuk tidak memikirkannya, malah semakin membuat kita terus kepikiran.

Semakin kita berusaha mengenyahkan, semakin pikiran itu juga tergenggam. (23)

Seperti yang dicontohkan dalam buku "Mindful Is Mind-less" karya Hendrick Tanuwidjaja ini:

Sama seperti instruksi tersohor: "Jangan pikirkan kuda ungu." Yang terjadi malah imaji kuda ungu muncul terus di pikiran karena kita menggenggam objek tersebut. (23)

Jadi, alangkah baiknya sikap yang kita lakukan yaitu menerima perasaan dan pikiran negatif itu.

Satu tips yang paling aku suka dari buku ini yaitu cara untuk bisa KIAT (Kenali, Izinkan, Amati, Terbuka) saat sedang kacau. Bagian ini dibahas oleh penulis pada halaman 168.

Kekurangan yang aku temukan di buku ini yaitu dari segi bahasanya yang sulit dicerna otak. Buku ini ditulis oleh orang Indonesia, tetapi bahasa yang digunakan memberikan kesan seperti buku terjemahan. Alih-alih menggunakan bahasa yang ribet, alangkah baiknya jika penulis meramu bahasa yang lebih sederhana sehingga pembaca lebih mudah memahaminya dan lebih enjoy ketika membaca.

Informasi buku:

Judul: Mindful Is Mind-less

Penulis: Hendrick Tanuwidjaja

Penerbit: Penerbit Elex Media Komputindo

Cetakan: Edisi digital, 2021

Tebal: X + 198 halaman

ISBN: 978-623-00-2744-4

Peresensi: Yumahest

Posting Komentar untuk "Kiat untuk Bisa "KIAT" Saat Sedang Kacau"