Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mencari Ide Anti Mainstream

Ah, ceritanya tentang ini lagi ini lagi. Apa nggak ada topik lain buat dijadiin cerita, sih?

Bukan hanya sekali, dua kali, atau tiga kali aku nemu cerita yang membahas itu-itu saja. Kalau nggak bad boy, bad girl, cool boy, cool girl, cold boy, cold girl, nerd girl, dijodohin saat masih SMA, cewek-ngejar-ngejar cowok, atau ceira lainnya yang kayaknya musim dan jadi tren masa kini.

Sudah ribuan orang bahkan mungkin lebih sudah membahas cerita tentang itu. Sampai-sampai aku bosan. Muak. Heran. Dan nggak mood baca. Dan lebih milih nonton anime sama drama.

Oh, ayolah. Apa susah mencari ide yang unik?

Ikut-ikutan tren yang udah sering dibahas itu basi. Nggak unik lagi. Kecuali jalan ceritanya beda dari yang lain.

Ah, oke lupakan. Aku bakal kasih tau tips yang kupakai buat cari ide unik dan belum pernah dipakai penulis lain (mungkin).

Berikut tips-nya:

1. Coba jalan-jalan di sekitarmu. Amati!
Mengamati keadaan sekitarmu juga bisa memunculkan ide, lho. Di mana mana pun tempatnya, di jalan, sekolah, kampus, bus, dan lain-lain.

Aku sendiri berhasil mendapat ide dari beberapa kali mengamati sekitar.
Ini contohnya:

Aku pernah sepulang dari Jembatan Ampera, aku lihat ada kakek-kakek bawa setumpuk koran, pakaiannya kumal.
Nah, tanpa sengaja dari sana aku dapat ide. Aku membayangkan bagaimana kehidupannya, keluarganya, tempat tinggalnya di mana, dll.

Please jangan curi ideku ini! Cari aja yang lain, masih buwanyak.

2. Coba tulis dari secuil apa yang kamu inginkan.

Apa keinginanmu? Coba deh renungin. Dari hal kecil atau besar bisa menjadi sumber mendapat ide, lho. Kamu juga bisa memikirkan keinginan/cita-citamu yang belum kesampaian. Misalnya aja kamu gagal daftar SMA atau kuliah. Jangan lupa, balut juga dengan imajinasimu.

Nah, sebagai contoh, ini ide yang kudapat dari keinginan kecilku.

Waktu itu, sepulang dari toko buku, aku merenung. Aku ingin sekali rasanya membeli semua buku yang ada di sana. Tapi uangku nggak cukup. Aku ingin hidup hanya dengan baca buku (kutu buku). Nah, kubalut dengan pemikiranku tentang pelajar atau mahasiswa yang menghalalkan segala cara demi mendapat nilai bagus. Kadang heran, mereka niatnya nyari nilai bukan ilmu. Dan aku pengin nunjukin di cerita kalau ada orang yang tanpa sekolah pun pintar, karena niatnya sungguh-sungguh untuk mendapat ilmu, bukan yang lain.

Nah, dari sana aku dapat ide. Aku membayangkan seorang anak perempuan kecil, ayahnya pemulung sampah. Dia selalu nguping di belakang sekolah buat curi ilmu dari penjelasan guru. Dia pengin jadi kutu buku dan punya rumah yang dipenuhi buku, tapi keadaan ekonominya nggak memungkinkan. Jadilah gadis kecil itu berpesan kepada ayahnya kalau nemu kertas yang ada tulisannya suruh bawa pulang buat dia baca.

Jangan curi ideku yang ini juga!
Kalau penasaran sama ceritanya, cek.di Wattpad-ku, @rumpunkata atau klik di sini.

3. Nonton drama/film.

Tips ini lumayan membantu. Semakin banyak yang kamu tonton, semakin banyak jalan cerita yang terekam di otakmu. Curi secuil ide dari adegan-adegan yang kamu suka. Tapi ingat! Jangan nyontek sama persis. Kamu harus pintar-pintar memodifikasi ide itu. Penulis itu harus pintar mengotak-atik ide yang dimiliki. Jadi, jangan sampai plagiat ide orang lain. Kalaupun pengin ngangkat tema serupa, harus kamu ubah sedemikian cara sampai betul-betul terlihat sekali perbedaannya.

4. Coba ceritakan kehidupanmu yang unik.

Eits, jangan malu. Cerita hidupmu bisa aja nggak dialami orang lain, lho. Berarti, kalau dibuat cerita, bakal unik. Coba aja ceritain.

Nah, itulah secuil cara cari ide paling ampuh versiku. Memang ada sebagian orang bisa dapat ide dari dengerin lagu, nyanyi, atau sebagainya. Tapi aku jarang dapat dari cara itu. Hmm, itu sih tergantung individunya aja. Di mana pun bisa kok buat dapatin ide. Jadi, ayo cari ide baru supaya dunia literasi semakin berkembang.

Punya naskah yang idenya menarik?
Yuk coba kirim naskahmu ke Penerbit Halim Pustaka Media (penerbit indie sistem seleksi).
Info lebih lanjut silakan cek di sini.

Atau mau terbit tanpa seleksi?
Bisa ke Penerbit Spekta (penerbit indie berbayar)
Info lebih lanjut silakan cek di sini.

Posting Komentar untuk "Tips Mencari Ide Anti Mainstream"