Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Ini Wajib Dimiliki Penulis Pemula!

Halo sobat penulis di mana pun kalian berada. Bertemu lagi denganku. Kali ini aku bakal bahas aplikasi pendamping wajib saat penulis sedang menulis, tentunya lagi-lagi untuk penulis pemula.

Penulis mau nggak mau harus kaya kosakata. Malah bisa dibilang wajib kaya kosakata. Nulis juga nggak asal-asalan kayak curhat di buku diary. Nulis novel dan semacamnya juga harus memperhatikan diksi, apalagi puisi. Karena suatu karya nggak akan bagus kalau kata-kata yang dipakai hanya itu-itu saja.

Nah, oleh sebab itu, aku menyarankan para penulis khususnya yang merasa masih pemula seperti aku ini untuk tidak jauh-jauh dari KBBI dan Tesaurus.

Eits, jangan ngeluh! Zaman sekarang sudah ada ponsel pintar, lho. Mari gunakan ponsel untuk hal bermanfaat. Kalau ada kemauan untuk mencari, banyak sekali ilmu yang bisa kita dapat dari google. Manfaatkan ponsel kalian! Manfaatkan google kalian! Jangan disia-siakan. Nanti menyesal.

Tapi, jangan manfaatkan untuk hal-hal negatif, ya. Jangan salah tafsir.

Nah, kalian bisa download aplikasinya di play store/app store. Berikut ini tampilan aplikasinya:

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia


Cari aja di play store/app store. Atau untuk play store bisa langsung download di sini.

Nah, apa fungsinya KBBI?
Oh tentu saja untuk menambah kosakata yang belum kalian ketahui.

Apa dengan hanya punya saja bisa langsung kaya kosakata? Tidak. Kalian harus membacanya. Tanpa membaca, nggak mungkin kosakata bisa masuk ke otak. Jadi, baca, ya, guys! Ini manfaatnya buat kalian juga kok.

2. Tesaurus Indonesia


Cari aja di play store/app store. Atau untuk play store bisa langsung download di sini.

Nah, selanjutnya adalah tesaurus. Ini tempatnya mencari sinonim. Masih ingat apa itu sinonim? Persamaan kata atau lawan kata? Hayoo jangan sampai terbalik. Kalau lupa, buka lagi buku pelajaran bahasa Indonesia-nya waktu SD.

Nah, aplikasi ini berguna banget supaya kita nggak pakai diksi yang itu-itu aja. Dengan mencari persamaan katanya, kita bisa pakai kata lain untuk menuliskannya.

Misalnya aja aku sering pakai kata 'menenteng' dalam satu halaman, nah supaya pembaca nggak bosan, beberapa kata itu kuganti jadi 'menjinjing'.

Contoh lainnya yang bisa kalian pakai misalnya:
Pandai →Piawai
Pekuburan→Pusara
Gadget→Gawai
Dan lain-lain, ya, guys. Kalian sering jelajahin aja dua aplikasi itu.

Posting Komentar untuk "Aplikasi Ini Wajib Dimiliki Penulis Pemula!"