Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali 3 Gejala Depresi, Yuk!

 


Menurut hasil penelitian, tingkat depresi tertinggi itu sendiri ditemukan pada rentang usia remaja atau dewasa muda, dan cenderung menurun dengan bertambahnya usia. Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa 21,8 persen responden berusia
15 tahun ke atas mengalami gejala depresi sedang atau berat dengan persentase responden pria mengalami depresi sebesar 21,4 persen, sedangkan responden wanita sebesar 22,3 persen. Salah satu upaya untuk mencegah depresi adalah dengan mengetahui gejalanya. Ada tiga gejala umum depresi.

Pertama, kesulitan berkonsentrasi. Misalnya dalam belajar atau melakukan sesuatu. Hal ini dapat mengganggu konsentrasi seseorang, bahkan menyebabkan depresi karena disebabkan oleh kenangan buruk masa lalu. Kenangan burul masa lalu tersebut bisa berupa kegagalan yang terus terbayang-bayang membuat seseorang merasa putus asa dan tidak antusias dengan kehidupan.

Kedua, merasa tidak berenergi atau malas. Hal ini membuat seseorang jadi tidak tertarik pada hal-hal yang menyenangkan. Sedangkan penyebabnya adalah mereka tidak memiliki target yang ingin dicapai di masa depan.

Terakhir, merasa gelisah. Ini biasanya disebabkan oleh rasa takut yang berlebihan akan sesuatu yang buruk. Misalnya, takut tidak naik kelas, atau takut akan sesuatu yang lain. Merasa gelisah atau takut berlebihan akan mengakibatkan sulit tidur.

Kesimpulannya, tiga gejala umum depresi yang telah disebutkan di atas harus diketahui untuk mencegah terserang depresi.

Posting Komentar untuk "Kenali 3 Gejala Depresi, Yuk!"