Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aturan Penulisan Partikel "Pun"

Ingin tahu penulisan partikel "Pun" yang benar itu seperti apa? Oke, jangan khawatir. Keputusanmu untuk berkunjung di halaman ini sudah tepat, karena saya akan membahas aturan itu di sini secara gamblang agar kamu mudah memahaminya.

Mungkin salah satu dari kalian yang sedang membaca ini pernah kebingungan cara menuliskan partikel "Pun" yang tepat ketika menulis.

Andai kata, kalian ingin menuliskan kata "Apa" dan "Pun". Apakah penulisan yang benar kata tersebut digabung atau dipisah? "Apapun" atau "Apa pun"?

Sebelum kalian melanjutkan membaca tulisan ini, yuk komentar dulu yang menurutmu benar. Usahakan jangan mencari jawaban yang benarnya dulu di mana pun, ya. Hehe.

Sudah komentar jawabanmu? Baik, kalau sudah, saya akan memberitahu penulisan yang benar kata "Apa" dan "Pun" di atas.

Penulisan yang benar adalah "Apa pun" ya, teman-teman.

Nah, saya tanya lagi, ya. Bagaimana kalau penulisan kata "Kalau" dan "Pun"? Apakah penulisannya digabung atau dipisah seperti contoh di atas?

Komentar jawaban kalian, ya!

Nah, untuk penulisan kata "Kalau" dan "Pun" ini tidak sama seperti contoh sebelumnya, Guys. Penulisan yang benar kata "Kalau" dan "Pun" ini digabung, ya. Jadi, "Kalaupun".

Mungkin salah satu dari kalian yang membaca ini bertanya-tanya, "Kenapa bisa seperti itu, Kak?"

Oke, kita mulai ke materi, ya.

Penulisan partikel "Pun" ini memiliki dua cara penulisan seperti aturan penulisan kata depan "Di", yaitu menuliskannya dengan cara digabung dan dipisah. Namun, aturan penulisan partikel "Pun" ini tidak serumit aturan penulisan kata depan "Di" yang harus tahu apakah kata yang bertemu "Di" tersebut merupakan penunjuk tempat ataukah kata kerja.

Berikut ini cara menulis partikel "Pun" yang harus digabung ketika menuliskannya:
- Adapun
- Andaipun
- Ataupun
- Bagaimanapun
-Biarpun
-Kalaupun
- Kendatipun
- Maupun
- Meskipun
- Sekalipun
- Sungguhpun
- Walaupun

Nah, selain kata di atas, penulisannya dipisah, ya, Guys. Jadi, hafalkan saja kata-kata di atas. Sebab, hanya yang di atas itulah yang penulisannya digabung.

Baik, itu saja yang bisa saja bagikan ke kalian kali ini. Bagaimana? Mudah, 'kan?

Semoga apa yang saya bagikan ini bermanfaat. Kalau kamu suka dan mendukung saya, bagikan link blog ini atau rekomendasikan ke teman-teman kalian yang membutuhkan supaya saya semakin bersemangat membagikan ilmu seputar kepenulisan lainnya.

Jika ada kesalahan atau kekurangan, silakan beritahu saya melalui komentar, supaya nanti saya bisa membenahi kesalahan tersebut.

Mau request materi apa lagi yang ingin kalian pelajari selanjutnya? Yuk, komentar saja kalau mau request.

1 komentar untuk "Aturan Penulisan Partikel "Pun""

  1. Wah, terima kasih, Kak. Ini membantu bangat. Aku sering kebingungan gunain kata "pun." Tadinya sih mau jawab "Apapun," eh taunya salah.

    BalasHapus